dot

LONG LASTING INSECTICIDE TREATED NET (LLITN)

Tujuan

Menciptakan kelambu berinsektisida tahan cuci, untuk penggunaan jangka waktu 3 Tahun, dimana proses aplikasi insektisida dapat dilakukan di pabrik dengan teknologi khusus, juga dapat diterapkan secara individu di lapangan dengan cara mudah.

Keuntungan

  1. Aplikasi insektisida dilakukan di pabrik dengan teknologi khusus sehingga:
    • Standar hasil pencelupan terjaga karena dilakukan dengan mesin yang dikontrol secara otomatis.
    • Proses quality control untuk menguji hasil pencelupan lebih baik.
       
  2. Aplikasi Insektisida dilakukan sendiri:
    • Dapat dilakukan untuk kelambu yang terlanjur didistribusikan tanpa insektisida, atau dengan insektisida, tetapi tidak tahan cuci, sehingga lebih efektif memerangi nyamuk.
       
  3. Efek insektisida pada kelambu bertahan dalam jangka waktu lama dan tahan cuci sehingga:
    • Mengatasi kendala rendahnya retreatment rate, karena tidak memerlukan pencelupan ulang secara berkala.
    • Menghemat biaya, waktu dan tenaga.
    • Mengurangi penyalahgunaan kelambu untuk menangkap ikan, menurunkan tingkat pencemaran lingkungan akibat insektisida yang terlarut pada saat kelambu dicuci.

Perbandingan secara ekonomis kelambu dengan pencelupan berkala dan kelambu long lasting

Harga kelambu = x
Biaya tiap pencelupan = y
Periode pencelupan = 1 kali /6 bulan
Masa efektif kelambu dipakai = 3 -5 tahun

Contoh Perhitungan:

Pencelupan

Biaya

Kelambu dg pencelupan berkala Kelambu long lasting
I
II
III
IV
V
VI
x
y
y
y
y
y
x+y
-
-
-
-
-
Total harga & biaya selama 3 tahun x+6y x+y

Jelas sekali, perbedaannya adalah 5y.

Jika diasumsikan biaya yang timbul sehubungan dengan setiap kali pencucian (y) adalah Rp. 20.000,-, artinya, terjadi pengiritan sebesar Rp. 100.000,- , ini belum termasuk biaya-biaya lain seperti tenaga kerja yang dibutuhkan, peralatan khusus untuk mencelup (sarung tangan, masker, dll) serta resiko lingkungan akibat sisa insektisida yang terbuang pada tiap kali pencelupan.

DuraNet® Anti-Nyamuk LLlTN:

  • DuraNet® Antinyamuk merupakan merk dagang nasional dari PT. Catur Kartika Jaya.
  • Telah diuji di laboratorium Loka Litbang Depkes Pangandaran, Ciamis. sebagai salah satu kelambu long lasting untuk pencegahan dan pengendalian malaria.
  • Pabrik kelambu long lasting pertama di Indonesia.
  • Hak cipta sedang diproses di Departemen Kehakiman

Teknologi DuraNet®

Click to Zoom
Duranet
Teknologi Duranet
Duranet
Hasil uji Depkes Pangandaran

DuraNet bukan hanya merk dagang, tetapi juga suatu teknologi yang sedang dipatenkan. Prinsip utama cara kerja kelambu DuraNet yaitu: setelah selesai dijahit, Kelambu dicelup sehingga terlapisi dengan membran polymer kusus bercampur dengan insektisida, yang lapisannya melampaui 20. Kelambu kemudian dikeringkan di tempat yang rindang. Pada saat pencucian, yang terkelupas oleh sabun/deterjen hanyalah satu lapis permukaan polymer saja. Setelah kelambu kering, lapisan selanjutnya yang juga berinsektisida akan segera melindungi anggota keluarga Anda tercinta, tanpa proses pemanasan terlebih dahulu.

Manfaat Yang Ditawarkan DuraNet®:

  1. Target konsentrasi Permethrin 550mg/m2, dengan nilai minimum 450 mg/m2.
  2. Setelah 6 kali pencucian kadar minimum insektisida yang ada pada kelambu minimum 350 mg/m2. Nilai ini masih diatas kadar minimum insektisida yang direkomendasikan oleh WHO untuk pencelupan berkala.
  3. Insektisida yang tersisa pada kelambu masih akan bekerja efektif sampai dengan 20 kali pencucian.

DuraNet® memberikan nilai tambah:

  1. Sifat Insektisida:
    Insektisida yang kami pakai adalah Permethrin, golongan Pyrethroid yang lebih aman untuk manusia. Tidak mengandung bau yang menyengat. Akan terurai di bawah sinar matahari dalam kurun waktu 7 hari.
     
  2. Proses Pencelupan:
    Dilaksanakan pada fase terachir, yaitu, sesudah kelambu selesai dijahit. Proses demikian tidak hanya mengurangi jumlah pekerja yang langsung berhubungan dengan Insektisida, tetapi juga memungkinkan kelambu di umum yang membutuhkan pencelupan ulang dengan sifat tahan cuci, dan juga bisa untuk mencelup gorden, dan dapat dicampur dengan cat tembok untuk menghasilkan efek anti-nyamuk (formula kusus).
     
  3. Kerjasama:
    Kami menawarkan kerjasama dengan para supplier proyek, baik kepada swasta maupun pemerintah, untuk memasarkan DuraNet. Pada prinsipnya, kami tidak berniat memasarkan sendiri Produk ini, selama para supplier terlibat, meskipun tidak dapat dipungkiri, kamilah yang pertama menciptakan LLITN di Indonesia, dengan proses yang berbeda dengan yang sekarang ada di dunia.

Program anti-nyamuk yang lebih sukses:

  1. Kendala utama yang dihadapi kelambu dengan pencelupan berkala di lapangan adalah rendahnya tingkat keberhasilan pencelupan ulang (retreatment rate), penyebab utamanya yaitu:
    • Sulit mengumpulkan kelambu dari masyarakat, dengan mencelupnya secara bersamaan, atau mencelupnya masing-masing, tetapi dengan penyuluhan sebelumnya.
    • Pencelupan ulang memerlukan insektisida baru, tempat khusus, peralatan khusus dan orang yang terlatih.
  2. Hasil pencelupan ulang di lapangan sulit mendapatkan standar yang diinginkan. Kadar insektisida tiap kelambu atau antar bagian dalam satu kelambu biasanya sangat bervariasi.
  3. Pada kelambu dengan pencelupan berkala, resiko insektisida yang terbuang ke lingkungan saat kelambu dicuci sangat tinggi. Pada pencucian pertama, diperkirakan 50% insektisida yang melekat pada kelambu akan terlepas. Sifat demikian sering disalahgunakan untuk memabukkan ikan di danau atau kali.
  4. Pada daerah dengan kondisi rumah penduduk saling berjauhan atau daerah dengan medan berat, pencelupan berkala di lapangan akan menjadi bagian dari program yang menyita banyak waktu, tenaga, dan biaya.
dot
dot
 

Home - Products - Technology - About Us - Contact
© PT Cahaya Kharisma Jaya. Developed by C97.net